Sabtu, 21 Januari 2012

Fakta Unik Tentang DNA

Apa sih DNA itu?
Asam deoksiribonukleat, lebih dikenal dengan DNA (bahasa Inggris: deoxyribonucleic acid), adalah sejenis asam nukleat yang tergolong biomolekul utama penyusun berat kering setiap organisme. Di dalam sel, DNA umumnya terletak di dalam inti sel.

Secara garis besar, peran DNA di dalam sebuah sel adalah sebagai materi genetik; artinya, DNA menyimpan cetak biru (blue print) bagi segala aktivitas sel. Ini berlaku umum bagi setiap organisme. Di antara perkecualian yang menonjol adalah beberapa jenis virus (dan virus tidak termasuk organisme) seperti HIV (Human Immunodeficiency Virus).


Fakta unik DNA
1. Orang utan memiliki 90,4 persen DNA manusia.

2. Sebanyak 99 persen dari rangkaian DNA seseorang sama dengan orang lain.

3. Sel telur dan sel sperma seseorang memiliki setengah dari total DNA orang tersebut.

4. Semua sel dalam tubuh manusia punya DNA, kecuali sel darah merah.

5. Sehelai rambut manusia cukup untuk mengidentifikasi DNA seseorang….Waouuuuuu…. dahsyat bukan?

6. Berat sebuah DNA 1/200 milyar gram.
Jika kita dapat mengiris sehelai rambut menjadi 100 helai, maka setiap helai irisan itu masih sebesar 5000 kali untaian DNA. Subhanallah!!!!

7. Betapa kecilnya DNA itu namun betapa rumitnya.. Untaian ini seperti per yang di padatkan dan jika per ini direntangkan maka DNA pada satu sel akan mempunyai panjang 3 meter.

9. Jika DNA tubuh orang dewasa yang mengandung 60 trilliun sel ( 1 kg =1 trilliun sel) direntangkan, maka panjang DNA seorang manusia dewasa mencapai 2x jarak Bumi Bulan. WOW!!! (panjang banget y gan )

10. Dan jika seluruh DNA ras manusia di muka Bumi ini ( 6 milliar manusia ) di kumpulkan maka akan mencapai berat sama dengan sebiji beras… Wallahualam.

blog comments powered by Disqus